Tuesday, October 31, 2017

Tugas 2 Softskill (Etika Profesi Akuntansi)

1.Pembersih Wajah



KELEBIHAN
Berdasarkan pengamatan dari iklan diatas, dapat saya simpulkan beberapa kelebihan dari iklan pond’s flawless white:
  Pertama, kekuatan tag line yang digunakan dalam iklan tersebut yaitu “putih dalam 7 hari”. Kekuatan tag line tersebut mampu menghipnotis konsumen terutama para wanita yang berkulit gelap. Hal itu mampu meningkatkan optimisme masyarakat untuk menggunakan produk pond’s. Apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia sangat mudah terbujuk dengan hal-hal yang instan. Selain itu juga mengingat bahwa negara kita merupakan negara tropis yang mayoritas penduduknya berkulit sawo matang. Tentunya tag line seperti itu mampu menarik minat konsumen.
 Kedua, pada gambar iklan diatas juga disebutkan “7 days challenge or your money back”. Ini juga menjadi suatu strategi yang digunakan produsen dalam memasarkan produk tersebut. Artinya buktikan tantangan dalam 7 hari atau uang akan kembali. Di sini konsumen benar-benar diyakinkan untuk membeli produk tersebut, sampai-sampai ada kata-kata “or your money back”. Itu merupakan penekanan yang menyatakan bahwa produk tersebut memang mampu memutihkan hanya dalam waktu 7 hari. Jika kita melihat pada tayangan iklannya sendiri, juga diperlihatkan bagaimana seorang wanita yang tadinya berkulit wajah kusam, setelah menggunakan produk tersebut, dalam jangka waktu 7 hari, kulit wajahnya menjadi putih mulus dan cantik berseri. Hal ini tentu saja membuat para konsumen yang melihat iklan tersebut merasa penasaran dan ingin mencoba.

KEKURANGAN

Memang tag line “putih dalam 7 hari” mampu meningkatkan optimisme dan menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk tersebut, namun di sisi lain, konsumen yang cerdas tentu tidak akan dengan mudahnya mempercayai iklan semacam itu. Konsumen cerdas mampu merasionalkan pikirannya untuk menentukan logis atau tidaknya sebuah tag line. Mana mungkin hanya dalam waktu 7 hari saja kulit yang tadinya gelap bisa menjadi putih. Itu adalah hal yang mustahil. Tag line seperti itu bisa jadi justru akan membuat masyarakat enggan untuk menggunakan produk tersebut. Masyarakat akan berpikir bahwa ia telah dibodohi atau menjadi korban iklan.Selain itu pada kalimat “7-day challenge, or your money back”. Ini juga menjadi kekurangan dalam iklan ini. Seandainya konsumen yang menggunakan produk tersebut kulit wajahnya tidak kunjung memutih dalam jangka waktu 7 hari, kemana dia harus meminta uang nya kembali? Kalimat “or your money back” tersebut akan menyebabkan masyarakat menjadi bingung harus meminta kembali uangnya kemana dan merasa dibohongi.

Dari gambar iklan diatas, juga bisa kita lihat perbandingan pada wajah model sebelum dan setelah wanita tersebut menggunakan pond’s flawless white. Perbandingannya tidak terlalu jauh. Memang sejak sebelumnya pun wanita tersebut sudah berkulit putih mulus tanpa bekas jerawat maupun noda hitam. Seharusnya kulit wanita itu dibuat lebih gelap lagi dengan noda hitam atau bekas jerawat. Jadi, setelah menggunakan pond’s selama 7 hari, kulit wajahnya menjadi tampak putih berseri. Sehingga bisa lebih meningkatkan minat konsumen yang melihat iklan tersebut.


2.Susu kemasan kaleng



Kelebihan:
    Penggunaan kalimat pada iklan yang menerangkan pentingnya kemrnian dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh, membuat opini kepada konsumen bahwa kemurnian itu sangat penting diambah dengan tag line "rasakan kemurnianya" ini membuat konsumen menjadi penasaran bagaimana rasa dan khasiat dari susu kemasan tersebut.


Kekurangan:
    Iklan yang  dilakukan susu kemasan ini hanya terfokus pada kemurnian yang di klaim ada pada prodok mereka, kurang adanya informasi lain yang menjadikan nilai tambah dari produk tersebut, dan adanya banyak hal yg membingungkan pada kemasan terlihat gambar bruang, namun di ilustrasikan dengan seekor naga, namn produk ini sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali dengan bruang/ naga, susu ini sebenarnya adalah susu sapi murni.



3.Mie cup


Kelebihan
   Pada iklan mie cup ini dijelaskan dengan detail isi dari produk tersebut dan dijelaskan juga cara penyajian yang sangat mudah, juga terdapat kalimat yang menyatakan ada daging asli yang dimasak dengan sepenuh hati dan ditunjukan juga gambar daging yang sangat menggiurkan, juga penyampaian iklan yang diseting seperti drama mumbuat iklan menjadi lebih menarik, membuat setiap penikmat mie akan tergoda untuk mencicipi mie yang satu ini


Kekurangan
   Gambar daging dalam iklan yang terlihat sangat menggiurkan ternyata tidak sesuai dengan daging yang asli pada kemasan, tentu ini menjadi sebuah kekecewaan pada konsumen.



4.Diterjen 

Kelebihan
     Dengan hanya perendaman selama 5 menit menjadikan baju putih yang kotor menjadi kembali putih cerah,bersih dan wangi, apalagi dianalogikan dengan gambar yang begitu meyakinkan serta dengan dagangan yang menjadi laris karna baju yang putih dan bersih, dengan deterjen ini juga dikatakan tidak perlu lagi menggunakan sabun colek, yang artinya sabun ini sudah mampu membersihkan pakaian putih yang kotor sendiri

Kekurangan
     Tidak diinformasikan apakah diterjen ini bisa membersihkan pakaian yang berwarna lain tanpa membuat warna menjadi memudar, karna kebanyakan konsumen menginginkan diterjen yang bisa untuk mencuci segala macam pakaian.


5. Permen Susu




Kelebihan 
    Memberikan informasi gizi yang terkandung didalam permen, tag line yang menarik "sehat, segar, ceria", dianalogikan dengan sangat menarik dimana anak-anak berebut permen dan sangat menyukainya ditambah dengan orang dewasa yang juga menyukainya, menggambarkan semua kalanagn menyukai permen ini.


Kekurangan
   Mengajak konsumen untuk mengkonsumsi setiap hari tentu ini tidak baik untuk kesehatan, karna pada dasarnya permen pasti mengandung kadar gula yg tinggi, ibu rumah tangga pn sdah tau benar memberikan anak permen setiap hari tentu tidak akan baik bagi kesehatan anak.




sumber :
www.google.co.id
https://www.youtube.com/watch?v=H-JaU-VTBT4
https://www.youtube.com/watch?v=sANTCtASTXM
https://www.youtube.com/watch?v=rVO5FoXH-jM
https://www.youtube.com/watch?v=DPLH0jgUyTc

0 comments:

Post a Comment