1.Pembersih Wajah
KELEBIHAN
Berdasarkan
pengamatan dari iklan diatas, dapat saya simpulkan beberapa kelebihan dari
iklan pond’s flawless white:
Pertama, kekuatan tag line yang digunakan
dalam iklan tersebut yaitu “putih dalam 7 hari”. Kekuatan tag line tersebut
mampu menghipnotis konsumen terutama para wanita yang berkulit gelap. Hal itu
mampu meningkatkan optimisme masyarakat untuk menggunakan produk pond’s.
Apalagi kebanyakan masyarakat Indonesia sangat mudah terbujuk dengan hal-hal
yang instan. Selain itu juga mengingat bahwa negara kita merupakan negara
tropis yang mayoritas penduduknya berkulit sawo matang. Tentunya tag line
seperti itu mampu menarik minat konsumen.
Kedua, pada gambar iklan diatas juga
disebutkan “7 days challenge or your money back”. Ini juga menjadi suatu strategi
yang digunakan produsen dalam memasarkan produk tersebut. Artinya buktikan
tantangan dalam 7 hari atau uang akan kembali. Di sini konsumen benar-benar
diyakinkan untuk membeli produk tersebut, sampai-sampai ada kata-kata “or your
money back”. Itu merupakan penekanan yang menyatakan bahwa produk tersebut
memang mampu memutihkan hanya dalam waktu 7 hari. Jika kita melihat pada
tayangan iklannya sendiri, juga diperlihatkan bagaimana seorang wanita yang
tadinya berkulit wajah kusam, setelah menggunakan produk tersebut, dalam jangka
waktu 7 hari, kulit wajahnya menjadi putih mulus dan cantik berseri. Hal ini
tentu saja membuat para konsumen yang melihat iklan tersebut merasa penasaran
dan ingin mencoba.
KEKURANGAN
Memang tag line “putih dalam 7 hari” mampu meningkatkan
optimisme dan menarik minat masyarakat untuk mengkonsumsi produk tersebut,
namun di sisi lain, konsumen yang cerdas tentu tidak akan dengan mudahnya
mempercayai iklan semacam itu. Konsumen cerdas mampu merasionalkan pikirannya
untuk menentukan logis atau tidaknya sebuah tag line. Mana mungkin hanya dalam
waktu 7 hari saja kulit yang tadinya gelap bisa menjadi putih. Itu adalah hal
yang mustahil. Tag line seperti itu bisa jadi justru akan membuat masyarakat
enggan untuk menggunakan produk tersebut. Masyarakat akan berpikir bahwa ia
telah dibodohi atau menjadi korban iklan.Selain itu pada kalimat “7-day
challenge, or your money back”. Ini juga menjadi kekurangan dalam iklan ini.
Seandainya konsumen yang menggunakan produk tersebut kulit wajahnya tidak
kunjung memutih dalam jangka waktu 7 hari, kemana dia harus meminta uang nya
kembali? Kalimat “or your money back” tersebut akan menyebabkan masyarakat
menjadi bingung harus meminta kembali uangnya kemana dan merasa dibohongi.
Dari gambar iklan diatas, juga bisa kita lihat perbandingan
pada wajah model sebelum dan setelah wanita tersebut menggunakan pond’s
flawless white. Perbandingannya tidak terlalu jauh. Memang sejak sebelumnya pun
wanita tersebut sudah berkulit putih mulus tanpa bekas jerawat maupun noda
hitam. Seharusnya kulit wanita itu dibuat lebih gelap lagi dengan noda hitam
atau bekas jerawat. Jadi, setelah menggunakan pond’s selama 7 hari, kulit
wajahnya menjadi tampak putih berseri. Sehingga bisa lebih meningkatkan minat
konsumen yang melihat iklan tersebut.
2.Susu kemasan kaleng
Kelebihan:
Penggunaan kalimat pada iklan yang menerangkan pentingnya kemrnian dalam menjaga kesehatan dan keseimbangan tubuh, membuat opini kepada konsumen bahwa kemurnian itu sangat penting diambah dengan tag line "rasakan kemurnianya" ini membuat konsumen menjadi penasaran bagaimana rasa dan khasiat dari susu kemasan tersebut.
Kekurangan:
Iklan yang dilakukan susu kemasan ini hanya terfokus pada kemurnian yang di klaim ada pada prodok mereka, kurang adanya informasi lain yang menjadikan nilai tambah dari produk tersebut, dan adanya banyak hal yg membingungkan pada kemasan terlihat gambar bruang, namun di ilustrasikan dengan seekor naga, namn produk ini sebenarnya tidak ada kaitan sama sekali dengan bruang/ naga, susu ini sebenarnya adalah susu sapi murni.
3.Mie cup
Kelebihan
Pada iklan mie cup ini dijelaskan dengan detail isi dari produk tersebut dan dijelaskan juga cara penyajian yang sangat mudah, juga terdapat kalimat yang menyatakan ada daging asli yang dimasak dengan sepenuh hati dan ditunjukan juga gambar daging yang sangat menggiurkan, juga penyampaian iklan yang diseting seperti drama mumbuat iklan menjadi lebih menarik, membuat setiap penikmat mie akan tergoda untuk mencicipi mie yang satu ini
Kekurangan
Gambar daging dalam iklan yang terlihat sangat menggiurkan ternyata tidak sesuai dengan daging yang asli pada kemasan, tentu ini menjadi sebuah kekecewaan pada konsumen.
4.Diterjen
Kelebihan
Dengan hanya perendaman selama 5 menit menjadikan baju putih yang kotor menjadi kembali putih cerah,bersih dan wangi, apalagi dianalogikan dengan gambar yang begitu meyakinkan serta dengan dagangan yang menjadi laris karna baju yang putih dan bersih, dengan deterjen ini juga dikatakan tidak perlu lagi menggunakan sabun colek, yang artinya sabun ini sudah mampu membersihkan pakaian putih yang kotor sendiri
Kekurangan
Tidak diinformasikan apakah diterjen ini bisa membersihkan pakaian yang berwarna lain tanpa membuat warna menjadi memudar, karna kebanyakan konsumen menginginkan diterjen yang bisa untuk mencuci segala macam pakaian.
5. Permen Susu
Kelebihan
Memberikan informasi gizi yang terkandung didalam permen, tag line yang menarik "sehat, segar, ceria", dianalogikan dengan sangat menarik dimana anak-anak berebut permen dan sangat menyukainya ditambah dengan orang dewasa yang juga menyukainya, menggambarkan semua kalanagn menyukai permen ini.
Kekurangan
Mengajak konsumen untuk mengkonsumsi setiap hari tentu ini tidak baik untuk kesehatan, karna pada dasarnya permen pasti mengandung kadar gula yg tinggi, ibu rumah tangga pn sdah tau benar memberikan anak permen setiap hari tentu tidak akan baik bagi kesehatan anak.
sumber :
www.google.co.id
https://www.youtube.com/watch?v=H-JaU-VTBT4
https://www.youtube.com/watch?v=sANTCtASTXM
https://www.youtube.com/watch?v=rVO5FoXH-jM
https://www.youtube.com/watch?v=DPLH0jgUyTc
0 comments:
Post a Comment